> Catatan Kentingan > BEM UNS Segera Gelar Pemilu Sebagai Usaha untuk Menegakkan Demokrasi Mahasiswa

BEM UNS Segera Gelar Pemilu Sebagai Usaha untuk Menegakkan Demokrasi Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sebelas Maret Suarakarta akan menyelenggarakan Pemilihan Umum. Layaknya sebuah negara, dalam pemilu ini akan dipilih para calon mahasiswa yang akan duduk di kursi dewan tingkat mahasiswa, seorang presiden dan wakil presiden. Agenda acara dilaksanakan mulai dari sosialisasi petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis)pada 26 Januari 2011 lalu.

Masa-masa awal tahun seperti sering digunakan oleh banyak organisasi untuk melakukan pergantian pengurusan.  Hal ini sebagai wujud suatu demokrasi sekaligus sebagai pemrosesan organisasi itu sendiri menjadi lebih baik.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta  salah satunya. Organisasi yangdalam strukturnya  berbentuk seperti  sebuah negara ini juga melakukan pergantian kepengurusan diawal tahun ini. Persiapan telah dilakukan sejak tanggal 26 Januari lalu, dengan sosialisasi juklak dan juklis. PembentukanPanitia Pemilihan UNS (PPU) dan Panitia Pemilihan Fakultas (PPF) serta pelantikannya juga telah dilakukan pada  Sabtu (11/11). Untuk pendaftaran partai rencananya  akan dilaksanakan pada 14-16 Februari 2011. Sementara itu, pendaftaran calon legislatif  (caleg) caleg dancalon presiden (capres) direncanakan pada tanggal 17 Februari.

Pelaksanaan pemungutan suara sendiri dilakukan pada tanggal 8-9 Februari mendatang. Sementara itu, pengitungan suara dilaksanakan setelahnya, sampai pada publikasi hasil pemilu yaitu pada 11 Maret 2011, tepat saat hari jadi UNS.

 Bukan hanya para pelaku pemilu secara langsung saja yang dituntut untuk ikut berperan serta  disini. Kita semua yang mengaku sebagai civitas akademika UNS, tak peduli mahasiswa baru atau mahasiswa yang tinggal menunggu wisuda, diharapkan dapat berpartisipasi di dalamnya. Caranya cukup mudah, datang ke TPS yang nanti akan disediakan di masing-masing fakultas dan contrenglah pilihan anda. Penyontrengan juga diharapkan dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Kenalilahcalonnya, baru kemudian contreng fotonya. Mari mewujudkan UNS yang lebih baik dengan demokrasi yang cerdas dan bertanggung jawab. (Eri Dwi C.)

Baca Juga

Celaka Asmara Mahasiswa Teknik

Oleh: Putih Sejati   DI SIANG YANG TERANG seterang senyummu, kau bisa mendapati bunga angsana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *