> Kentingan > Art Educare Gebrak SC UNS

Art Educare Gebrak SC UNS


Senin, (12/3) Art Educare menggebrak SC (Student Center) Universitas Sebelas Maret Surakarta. Art Edu Care merupakan pameran seni rupa nasional yang diselenggarakan oleh mahasiswa Pandidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Event  yang diselenggarakan bersamaan dengan Dies Natalis Universitas Sebelas Maret Surakarta tersebut  mengusung tema “Berbeda Tetap Satu Rupa”. Menurut Bela Ardikara Ramadhan, ketua panitia tema tersebut mengandung arti hampir sama dengan semboyan negara  kita “Bhineka Tunggal Ika”, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Pameran  seni rupa nasional tersebut telah dipersiapkan oleh pihak panitia sejak bulan November 2011 lalu. Kepanitiaan terdiri dari dua, yaitu panitia yang beranggotakan mahasiswa dan panitia yang beranggotakan dosen pembimbing. “Panitia dosen membantu di birokrasinya, sedang panitia mahasiswa yang menjalankan acaranya, istilahnya yang bekerja lah!,” tambah Bela.

Persiapan Matang, Acara Meriah

Persiapan Art Educare tak cukup sampai di situ, panitia mengaku bahwa publikasi yang dilakukan kali ini lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya, antara lain melalui car free day setiap hari minggu. Selain dengan pamflet, Art Educare juga dipromosikan lewat pameran seni rupa di Solo Grand Mall. Sementara itu, publikasi keluar daerah Solo dilakukan dengan berkirim info dan surat agar universitas selain UNS ikut mendelegasikan mahasiswa FKIP Seni Rupa.

Acara pameran nasional tersebut dibuka pada pukul 14.00 WIB dengan tari Gambyong oleh dua mahasiswi Pendidikan Bahasa Jawa. Dilanjutkan dengan performing art oleh mahasiswi FKIP Seni Rupa UNS. Acara semakin meriah ketika Solo Batik Carnival menunjukkan aksinya. Pembukaan Art Educare ditutup dengan pembukaan pameran nasional secara resmi oleh pembantu dekan IV , Bp. Widodo Muktiyo.

Keramaian acara tak berhenti disitu saja, pameran seni rupa nasional tersebut menyuguhkan beberapa sajian yang unik dari pameran seni yang biasa ditemui. Ketika memasuki area student center UNS pengunjung disambut  dengan sajian panganan Jawa  serta jajanan Jawa gratis. Pengunjung pun dimanjakan dengan penampilan topeng monyet oleh mahasiswa Pendidikan Seni Rupa.

Pameran seni rupa yang mangusung tema  berbeda tetap satu rupa tersebut menyuguhkan karya-karya seni yang mengagumkan. Hebatnya kaya yang di pamerkan adalah murni karya mahasiswa FKIP Seni Rupa UNS semua. Karya-karya yang mengagumkan itu makin dipercantik dengan tatanan ruang pameran yang unik dan kreatif. Tak hanya itu saja, kemeriahan juga didukung oleh dosen-dosen FKIP Seni Rupa yang ikut  ikut bernyanyi ria bersama mahasiswanya.

Art Educare kali ini terasa istimewa dengan adanya delegasi dari berbagai  mahasiswa se-Indonesia. Beberapa diataranya adalah mahasiswa dari UNY, UPI, UMS dan Universitas lain di Indonesia.

Keistimewaan Art Educare ke-3 ini didukung dengan adanya penampilan dari delegasi berbagai universitas seluruh Indonesia tersebut. Para delegasi akan tampil di hadapan mahasiswa lain maupun masyarakat dengan ciri khas universitas dan daerah masing-masing.

Rangakaian acara Art Educare berlangsung hingga 16 Maret mendatang. Beberapa  acara sudah dijadwalkan  dengan matang, mulai dari seminar nasional pada  hari ke-2, Solo Art-venture pada hari ke-4, temu mahasiswa pendidikan seni rupa se- Indonesia, workshop hingga pesta mural.  (Olik, Rizal)

Baca Juga

Tuhan di Semangkuk Kwetiaw

PUISI-PUISI RIZKA NUR LAILY MUALLIFA       Tuhan di Semangkuk Kwetiau     Waktu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *