> Kentingan > Dies Natalis UNS Hadirkan Pameran Industri Kreatif

Dies Natalis UNS Hadirkan Pameran Industri Kreatif

Pameran Industri Kreatif (12/3), salah satu rangkaian Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) ke-36 yang bertempat di Lembah Teknik kembali ramai. Pameran yang diadakan sejak hari Minggu ini bertujuan sebagai media apresiasi industri kreatif berbasis budaya nusantara.

Pameran sendiri bertemakan aktualisasi kearifan lokal menuju universitas bereputasi internasional. “Pemilihan tema terkait dengan UNS Active menuju kampus bertaraf internasional,” ungkap Nurul Hizati Syahida, Staff Humas Pameran Industri Kreatif.

Terdapat 21 stan produk, 17 stan makanan, dan 3 stan eksklusif. Peserta dari stan-stan yang dipamerkan ini bersifat umum tidak hanya kalangan mahasiswa UNS saja, masyarakat pun ikut terlibat.

Stan Fakultas Teknik yang menampilkan hasil inovasinya berupa mobil SEMAR G dan SEMAR L, mobil dengan bahan bakar etanol dan listrik ramah lingkungan.

“Banyak orang yang belum tahu dengan industri kreatif, melalui pameran dapat mengembangkan kreativitas dengan inovasi dan aspirasi dari mahasiswa dan masyarakat,” harap Ristianto Hanung, mahasiswa Perencanaan Wilayah Kota.

Lain halnya dengan stan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang hadir dengan inovasi SEMAR TV, salah satu sistem informasi yang berkembang di fakultas FKIP. Inovasi ini sebenarnya sudah marak ada di universitas-universitas lain. “Walaupun di UNS sendiri sudah ada tapi masih sistem regional, maka FKIP merilis SEMAR TV yang diharapkan sistem ini dapat digunakan di UNS sendiri,” ujar Adrian Widiatmoko, mahasiswa FKIP.

”Acaranya asyik dan ramai tapi pengunjungnya nggak maksimal karena hanya didominasi mahasiswa fakultas tertentu saja. Seharusnya mahasiswa lebih banyak berpartisipasi”, ungkap Beni, Mahasiwa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA).

Disediakan pula panggung untuk perform UKM Kesenian, UKM Beladiri, Teater, Band Performance serta presentasi diri masing-masing stan. (Reka, Khusnun, Rizal).

Baca Juga

Tuhan di Semangkuk Kwetiaw

PUISI-PUISI RIZKA NUR LAILY MUALLIFA       Tuhan di Semangkuk Kwetiau     Waktu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *