> Catatan Kentingan > Sifat Berdasarkan Golongan Darah

Sifat Berdasarkan Golongan Darah

Deskripsi kepribadian berdasarkan golongan darah sangat popular saat ini, terutama di Jepang dan Korea Selatan. Di internet banyak komik yang menceritakan interaksi antara keempat golongan darah tersebut. Di Jepang dan Korea, ramalan berdasarkan golongan darah justru mengisi tayangan televisi pagi hari. Bahkan sampai ada layanan pencari jodoh yang berdasarkan golongan darah, atau pencari kerja dengan karyawan bergolongan darah tertentu.

Keempat golongan darah, A, B, O, dan AB, memiliki keunikan dan karakteristik masing-masing. Topik ini ternyata dinilai cukup menarik bagi mahasiswa FKIP, 47,1% responden mengetahui mengenai deskripsi sifat berdasarkan golongan darah. Walaupun tidak semuanya percaya dan cenderung ragu-ragu.

Berdasarkan sudut pandang psikologis, masing-masing golongan darah dipercaya dapat mendeskripsikan atau memberikan gambaran kepribadian seseorang. Deskripsi yang paling dikenal adalah bahwa golongan darah A bersifat perfeksionis dan hati-hati, golongan darah B bersifat bebas dan kreatif, golongan darah O bersifat fleksibel dan optimis, dan golongan darah ABΒ  bersifat sukar ditebak dan unik.

(Tim LITBANG)



riset 1 riset 2
riset 3riset 4

Baca Juga

Memimpikan Mimpi sang Rektor

  Estafet mimpi para rektor kampus ini rupanya tak kunjung berujung.   REKTOR UNS kelima, …