> Kentingan > PCMI Adakan Sosialisasi Pertukaran Pemuda Antar Negara di UNS

PCMI Adakan Sosialisasi Pertukaran Pemuda Antar Negara di UNS

Bertempat di Aula FISIP UNS puluhan mahasiswa menghadiri acara sosialisasi pertukaran pemuda antarnegara  Kamis (8/3). Acara yang dimulai pukul 13.20 WIB dan berakhir pada pukul 14.40 WIB ini merupakan program dari kemenpora. Dalam acara tersebut BEM bekerjasama dengan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) yang merupakan organisasi alumni pemuda yang pernah mengikuti pertukaran pemuda antarnegara.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Arief Rizky Bakhtiar. Dalam materinya beliau menjelaskan “Ada enam program yang dapat dipilih oleh pemuda yang akan mengikut pertukaran pemuda antarnegara yaitu Canada: Community Development, Jesean: Leadership and Control Understanding,  Austalia: Profesionalism, Malaysia:  Entrepreneurship, Korea:  Art and Culture, China: Youth Development China

Selain menjelaskan program-program tersebut beliau  menyebutkan peserta nantinya akan diseleksi di setiap provinsi. “Jadi di setiap provinsi ada perwakilan dan itu harus sesuai dengan KTP. Kalau misalnya KTP Jawa Timur tinggalnya di Jawa Tengah, ya harus ikut seleksi di Jawa Timur” tuturnya.

“Peserta yang lolos seleksi jika sampai di negara tujuan nanti akan saling bertukar ilmu. Misalnya di Korea, pemuda Korea akan belajar ketoprak,wayang,gamelan dan lain sebagainya di Indonesia, begitu juga sebaliknya pemuda Indonesia akan belajar budaya kontemporer di Korea”  tambahnya.

Ditemui di akhir acara, Eti yang merupakan sie acara mengatakan “Acara seperti ini akan menambah wawasan mahasiswa UNS dan dapat memotivasi mereka untuk berpartisipasi dalam event internasional”. (Niken,Fitri)

Baca Juga

Festival Naskah Nusantara III di UNS Masih Berlangsung

Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *