> Kentingan > Himmadika UNS Adakan Seminar Penulisan Proposal PKM dan Jurnal

Himmadika UNS Adakan Seminar Penulisan Proposal PKM dan Jurnal

Sabtu (24/12) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika UNS (Himmadika) adakan Seminar Penulisan Proposal PKM dan Jurnal bertempat di gedung D FKIP UNS. Bertemakan Day of Writing Mathematics, acara ini menghadirkan 2 pembicara yang ahli di bidang penulisan proposal dan juga jurnal, yaitu Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. dan Eka Nada Shofa Alkhajar, S.Sos., M.Si. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. merupakan akademisi UNS, penulis, dan juga pembina LSP. Sementara itu,Eka Nada Shofa Alkhajar merupakan dosen termuda UNS sekaligus penulis buku.

Seminar ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama yang diisi oleh Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. dilanjutkan sesi kedua Oleh Eka Nada Shofa Alkhajar, S.Sos., M.Si. Pada sesi pertama, Rohmadi menjelaskan tentang tatacara membuat proposal PKM. Menurutnya membuat proposal itu mudah asalkan kita mau mencoba dan menulis. Selain itu, Rohmadi juga memaparkan sejarah PKM di UNS mulai tahun 2001 hingga tahun 2011.

Dari tahun ke tahun, jumlah proposal PKM yang diajukan UNS ke Dikti semakin meningkat. Pada tahun 2001 jumlah proposal PKM yang diajukan UNS hanya 12 proposal. Selama kurun waktu 10 tahun jumlah tersebut meningkat signifikan menjadi 1242 proposal pada tahun 2011. Jumlah proposal PKM yang lolos dan didanai Dikti juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tahun 2001 jumlah proposal yang didanai Dikti hanya 7 proposal, sementara pada tahun 2011 meningkat tajam menjadi 354 proposal. Hal ini menjadikan UNS menduduki peringkat kedua dalam jumlah proposal terbanyak yang didanai Dikti pada tahun 2011 di bawah ITS.

Pada sesi kedua yang dilaksanakan setelah dhuhur, Eka Nada memaparkan tentang penulisan jurnal. Menurutnya jurnal itu sendiri terdiri dari 3 unsur yaitu masyarakat ilmiah, jurnal ilmiah, dan artikel ilmiah. Di samping itu, Eka Nada juga menjelskan struktur umum artikel ilmiah serta memberikan pesan agar selalu menjaga 3 tradisi yaitu membaca, berdiskusi dan menulis. Pada sesi kedua ini, peserta tidak hanya disuguhi teori saja, melainkan praktek penulisan artikel ilmiah secara langsung pada akhir acara. Artikel-artikel ilmiah tersebut dikumpulkan dan dinilai oleh tim dari Lingkar Studi Pendidikan (LSP). Peserta dengan artikel ilmiah terbaik akan mendapatkan sertifikat dobel, yaitu sertifikat partisipasi seminar dan juga sertifikat penulisan artikel ilmiah. Acara ini berakhir sekitar pukul 16:30 WIB. [] (Sopandi)

Baca Juga

Benang Kusut Hadiah OSM (Bagian I)

  (Oleh: Ririn Setyowati)   Iming-iming hadiah berupa Potongan UKT bagi para pemenang tak kunjung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.