> Kabar > 700 PKM UNS Siap Didanai Dikti

700 PKM UNS Siap Didanai Dikti

 

(Imriyah)

 

Surakarta, saluransebelas.com – Sebanyak 700 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UNS berhasil lolos seleksi tingkat universitas. Nantinya, proposal tersebut akan diserahkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk ditentukan pendanaannya. Proposal yang didanai akan berpeluang lolos ke Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) 2018.

 

Reza Achmad Bachtiar, salah satu panitia PKM UNS mengungkapkan, penentuan tanggal lolos atau tidaknya pendanaan oleh Dikti masih belum diketahui. “Biasanya sekitar bulan Februari,” ujarnya saat dihubungi saluransebelas.com. Dia juga mengharap, akan ada banyak perwakilan UNS yang didanai Dikti dan lolos ke PIMNAS 2018.

 

Tahun ini, UNS menerima 1076 proposal dari lima bidang PKM. Sebanyak 700 proposal yang terpilih berasal dari lima bidang PKM. Yakni 254 proposal untuk PKM Penelitian, 208 proposal untuk PKM Kewirausahaan, 121 proposal untuk PKM Karya Cipta, 105 proposal untuk PKM Pengabdian Masyarakat, dan 12 proposal untuk PKM Penerapan Teknologi.

 

“Dari 1076 proposal yang diajukan, tiap universitas hanya diberi kuota 700 proposal [ke Dikti],” kata Reza. “Untuk itu perlu diadakan seleksi.” Ia juga menyatakan, seleksi proposal PKM dilakukan dua gelombang, yaitu review administrasi dan substansi.

 

“Untuk seleksi review administrasi, terkait format kepenulisan proposal. Sedangkan substansi, terkait isi dari proposal PKM itu,” tambahnya.

 

Proses revisi telah dilakukan di pada Selasa-Rabu (14-15/11/17) kemarin, di kantor Biro Kemahasiswaan dan Alumni. Proses revisi ini bertujuan agar dapat memaksimalkan format kepenulisan yang masih salah dan belum sesuai dengan pedoman PKM 2017.

 

“Saya sangat siap jika proposal saya didanai oleh dikti,” ungkap Shinta Affifah, salah satu mahasiswa yang lolos ke tahap 700 besar. Ia juga mengaku siap menjalankan kegiatan proposal PKM-nya jika didanai Dikti dan berharap bisa bersaing di PIMNAS 2018.[]

Baca Juga

Kuliah Eksorsisme Bikin Mahasiswa Merinding

  (Patricia)   Surakarta, saluransebelas.com – Pastoral Mahasiswa Surakarta (Parmas) menggelar kuliah umum agama Katolik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *