> Kentingan > 40 Mahasiswa UNS Ikuti LKMM Tingkat Menengah

40 Mahasiswa UNS Ikuti LKMM Tingkat Menengah

SOLO – Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dasar tentang keterampilan manajemen serta melatih menyusun perencanaan program di kalangan mahasiswa pegiat unit kegiatan mahasiswa (UKM), Biro Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Menengah pada tanggal 1-3 November 2012 di Hotel Pondok Sari, Tawangmangu. Acara tersebut diikuti oleh 40 mahasiswa yang merupakan fungsionaris atau pengurus dari UKM baik di tingkat universitas maupun fakultas dengan kriteria minimal duduk di semester III dan telah lulus LKMM Tingkat Dasar.

“Program LKMM adalah serangkaian kegiatan terencana yang dipimpin oleh sejumlah pemandu yang ditujukan untuk membantu para mahasiswa agar mereka memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan tugas tertentu. Jadi, sifat kegiatan adalah softskill,” tulis Koordinator pemandu LKMM di UNS Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si. dalam rilisnya, Kamis (1/11/2012).

Dijelaskan oleh Tundjung, para pemandu dan pemateri adalah dosen-dosen UNS yang sudah mempunyai sertifikasi dari Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan telah memiliki pengalaman memadai dalam hal pemanduan LKMM yang diselenggarakan UNS maupun oleh Dikti.

Materi yang akan disampaikan terdiri dari ceramah, pengembangan wawasan, etika diskusi ilmiah, latihan gaya kerja, hakikat organisasi, klasifikasi kinerja organisasi, pengukuran kinerja organisasi, dan simulasi manajemen organisasi. Sedangkan metode yang digunakan dalam LKMM kali ini adalah ceramah, diskusi, studi kasus dan workshop, latihan serta simulasi.

Ia menerangkan, alasan pelaksanaan LKMM di luar kampus atau dilakukan secara outdoor di Tawangmangu karena kegiatan LKMM harus bersifat isolatif lokasi dan peserta harus intensif untuk mengikuti seluruh rangkaian sebagai satu kesatuan tanpa diganggu oleh kegiatan lain.[]

Baca Juga

Tuhan di Semangkuk Kwetiaw

PUISI-PUISI RIZKA NUR LAILY MUALLIFA       Tuhan di Semangkuk Kwetiau     Waktu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *