> Resensi > [Resensi Buku] Malcolm X Untuk Pemula

[Resensi Buku] Malcolm X Untuk Pemula

Judul : Malcolm X Untuk Pemula

Penulis : Bernard Aquina Doctor

Penerbit : Resist Book

Jumlah Halaman  : X + 186 halaman

Tahun Terbit : 2006

Mimpi dan perjuangan adalah kunci menuju perubahan. Perubahan besar di mulai dari sebuah langkah kecil, seperti kata pepatah bahwa perjalanan bermil-mil jauhnya semuanya akan dimulai dari sebuah langkah kecil. Begitu pula dengan sosok yang penjadi pembahasan dalam buku ini seorang yang menjadi sosok “dewa” bagi sebagian kelompok orang khususnya orang kulita hitam.

Buku ini menceritakan sebagian kisah sejarah seorang warga negara kulit hitam di Amerika Serikat pada abad 20 yang memperjuangkan ras kulit hitam agar dapat terlepas dari jeratan dan perbudakan kulit putih pada waktu itu. Perjalanan panjang seorang tokoh revolusioner dengan lika-liku kehidupannya yang bangkit dari wilayah kegelapan menuju sebuah tokoh yang hingga di agungkan menjadi sosok “nabi” kebanggaan kaum kulit hitam, dikutuk sebagai suara kekerasan, Malcolm X muncul sebagai figur yang komleks, berani, dan brilian dengan banyak hal yang bisa diajarkan dalam perjuangan meneggakkan martabat.

Buku ini menceritakan bagaimana tokoh Malcolm X melewati hari-hari dalam kehidupannya. Lingkungan yang akhirnya membentuk dia menjadi pribadi yang tangguh. Perjalanan kisahnya membuat kita menarik nafas dan melepaskan ketegangan yang muncul dari peristiwa-peristiwa yang terjadi.

Tampil dengan format komik, buku ini menjadi lebih menarik untuk di baca diselingi gambar-gambar yang sebagian telah ternarasikan dalam bentuk tulisan, membuat mata ini sejenak dapat menvisualisasikan alur cerita yang tersaji dalam buku ini. Buku yang sarat dengan nilai-nilai sejarah dan kepahlawanan ini memberi kita pengetahuan tentang kondisi sosial-budaya pada abad ke-20 yang diwakilkan oleh perjalanan tokoh Malcolm X dalam memperjuangkan hak-hak warga kulit hitam.

Bentuk komik yang disajikan memiliki gambar yang besar-besar sehingga membuat boros halaman yang tersedia. Namun, itu semua tidak mengurangi pemahaman pembaca mengenai alur yang disajikan.

Baca Juga

Puasa Tanpa Buka

Oleh: Irfan Sholeh Fauzi Judul               : Tuhan Pun Berpuasa Pengarang       : Emha Ainun Nadjib …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *